Guruh Gipsy – Self Title (1976)

 ialah sebuah nama besar dalam catatan perjalanan musik di Indonesia Guruh Gipsy  Guruh Gipsy – Self Title (1976)
Download lagu Guruh Gipsy dari album Guruh Gipsy (1976) :



  1. Barong Gundah

  2. Chopin Larung

  3. Geger Gelgel

  4. Indonesia Maharddika

  5. Janger 1897 Saka

  6. Sekar Ginotan

  7. Smaradhana


Guruh Gipsy ialah sebuah nama besar dalam catatan perjalanan musik di Indonesia. Terdiri dari nama-nama besar di industri musik ibarat Guruh Soekarnoputra (piano, gamelan), Keenan Nasution (drum, vokal), Chrisye (vokal, bass), Roni Harahap (piano, kibor), Oding Nasution (gitar) dan Abadi Soesman (synthesizers).


Kelompok yang hanya berumur satu tahun (1976-1977) ini hanya melahirkan satu album berjudul Guruh Gipsy yang dirilis menjelang selesai tahun 1976. Sebuah eksperimen yang dianggap banyak menghabiskan biaya produksi dan mempunyai nilai terobosan yang ambisius. Tak semua orang mengenal maupun menikmati karya kolosal ini dikala album ini dirilis di pasaran. Tapi siapa mengira, 30 tahun lalu album Guruh Gipsy menjadi album yang paling banyak dicari-cari orang. Mungkin alasannya ialah faktor kelangkaannya, album ini pun menjadi topik diskusi para penggemar musik rock progresif di Eropa, Jepang dan Amerika.


Dari ukuran industri album Guruh Gipsy mungkin tidak memenuhi sasaran penjualan, namun secara artistik album ini dapat menjadi pandangan gres untuk generasi setelahnya.


***

Subscribe to receive free email updates: