3 Cara Gampang Merawat Ban


cara merawat ban kendaraan beroda empat tubeless, cara merawat ban yang tidak dipakai, cara merawat ban motor, cara merawat ban kendaraan beroda empat yang tidak terpakai, cara merawat ban kendaraan beroda empat biar mengkilap, bahan perawatan ban, cara menghemat ban mobil, cara merawat ban biar awet. Dan jangan lewatkan baca juga 10 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas di blog ini.











ban kendaraan beroda empat meledak. (Pulse.ng)

Ban satu-satunya cuilan dari kendaraan beroda empat yang bersentuhan eksklusif dengan aspal atau tanah. Selain menopang daya angkut, ban juga sanggup berperan untuk menstabilitas laju kendaran sampai menjadi faktor penting dalam keselamatan.


Karenanya, ban wajib diperhatikan kondisinya. Masalah yang sering timbul mulai dari kondisi tekanan angin kurang atau berlebihan, aus sampai mengalami kerusakan.


Perlu dicatat tekanan angin dalam ban sanggup jadi masalah, lantaran secara alamiah tekanan angin pada ban sanggup berkurang 1-2 psi per bulan. demikian dilansir Car Care Council, Jumat (19/10/2018).


Berikut ini beberapa persoalan pada ban yang sanggup Anda selesaikan sendiri berdasarkan Kevin Rohlwing, Senior VP of Training, Tire Industry Association.


1. Cek tekanan angin


Ban kurang angin Ini sanggup mengakibatkan persoalan cukup serius, kalau terjadi maka Anda tidak diperkenankan untuk mengangkut bobot berlebihan.


Ban kurang angin juga sanggup menjadikan hilang kontrol dan kecelakaan. Karena itu, ada baiknya melaksanakan pengecekan angin secara terpola dan isi kembali kalau kurang. Pengisian sanggup dilakukan sesuai buku manual atau yang terdapat pada pintu mobil.


2. Merotasi ban



Merotasi ban secara berkala, setidaknya sanggup dilakukan mulai dari 5-7 ribu mil. Rotasi ban ini dilakukan dari kiri depan ke kanan belakang dan kanan depan ke kiri belakang.


Merotasi ban dipercaya sanggup menunjukkan kinerja yang sama di setiap bannya. Sebaliknya, kalau tidak merotasi ban, biasanya ada beberapa cuilan ban yang justru akan lebih cepat habis atau aus secara tidak merata.


Hal ini pula sanggup menjadikan terjadinya getaran dikala kendaraan beroda empat dipacu, bahkan keausan yang justru meningkatkan biasa operasi.


3. Rajin melaksanakan pengecekan visual



Pengemudi atau pemilik kendaraan beroda empat juga harus melaksanakan pengecekan visual secara teratur. Cara ini tak perlu ke bengkel, lantaran Anda cukup memeriksanya kalau merasa telah melaju di kondisi jalan berlubang atau menabrak trotoar bahkan puing-puing di jalanan.


Jika terdapat tonjolan atau sayatan, hal ini sanggup saja berakibat mengurangi daya tahan internal ban. Bahkan hal terburuk yakni ban sanggup meledak.


Maka dari itu lakukan inspeksi visual secara rutin pada cuilan ban untuk mengidentifikasi berpotensinya persoalan sebellum terjadi kecelakaan.


Nah, kalau Anda memang ingin melaksanakan perjalanan terlebih jarak jauh, ada baiknya dilakukan terlebih dahulu investigasi oleh professional untuk memastikan kondisi ban laik pakai.



Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/3671509/3-cara-mudah-merawat-ban


Subscribe to receive free email updates: