4 Alasan Motor Matik Menjadi Boros Materi Bakar


cara merawat motor matic beat, cara merawat motor matic vario, cara merawat motor matic injeksi, service motor matic, cara merawat motor matic karbu, perawatan motor matic injeksi honda, perawatan motor matic injeksi yamaha, cara merawat motor matic injeksi vario. Dan jangan lewatkan baca juga Ini Waktu Servis yang Tepat Versi Wuling di blog ini.











Petugas mengisi materi bakar minyak (BBM) ke kendaraan di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Jumat (2/2). Kenaikan harga minyak dunia akan mendorong kenaikan lainnya, menyerupai BBM. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak hanya pengendara mobil, kenaikan harga materi bakar minyak juga niscaya memengaruhi pengendara sepeda motor.


Pemotor yang awalnya sudah terbiasa memakai Pertamax, mungkin akan kembali ke jenis BBM dengan RON lebih rendah, entah itu Pertalite atau Premium. Sebab, harga kedua jenis BBM ini belum naik.


Terlebih para pengendara skuter matik (skutik). Meski jenis sepeda motor ini tengah menjadi tren dikala ini, mengendarai motor tanpa transmisi atau gigi ini kerap dianggap lebih boros soal materi bakar dibanding jenis motor angsa atau lainnya.


Lantas mengapa skutik matik kerap disebut sebagai motor yang boros materi bakar? Berikut ulasannya.


1. Terlalu usang memanaskan mesin


Pengendara motor yang dulunya terbiasa memakai motor manual rasanya sudah tak heran dengan mekanisme wajib ini.


Mesin motor memang sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, biar oli mesin merata pada keseluruhan mesin. Namun, memanaskan mesin yang terlalu usang justru menyebabkan motor lebih boros bensin.


2. Jarang ganti oli


Mengganti oli dalam waktu tertentu atau sesudah kilometer tertentu memang wajib dilakukan. Bila telat akan menciptakan kerja mesin jadi berat. Yang akhirnya, lebih banyak materi bakar yang terpakai untuk menciptakan mesin tetap bekerja.


3. Filter udara kotor


Terdengarnya remeh, tapi filter udara yang kotor menciptakan pedoman udara ke ruang bakar tidak lancar. Efeknya proses pembakaran jadi tidak sempurna, yang hasilnya dapat ditebak: boros BBM.


4. Sering gas pol


Kesalahan banyak orang ialah main gas pol untuk mendapat akselerasi instan. Padahal hal ini sangat memengaruhi konsumsi BBM. Sebisa mungkin putar gas dengan perlahan, jangan dadakan pribadi gas kencang.


Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/3665597/4-alasan-motor-matik-menjadi-boros-bahan-bakar


Subscribe to receive free email updates: