Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Bikin Smartphone Enggak Awet


kumpulan tips android, tips android 2018, trik android keren, tips dan trik android samsung, tips menciptakan android lebih canggih, tips and trick android, tips trik android lollipop, tips trik android 2017. Dan jangan lewatkan baca juga Ini Tips Kaspersky Lab Buat Pengguna Facebook yang Datanya Dibobol di blog ini.











Ilustrasi smartphone Android. (Doc: Tech Radar)


Di zaman modern ibarat sekarang, hampir semua orang menggunakan smartphone.


Dengan aneka macam model yang terus berganti tiap tahunnya, smartphone dianggap sebagai alat komunikasi yang paling vital untuk menunjang kegiatan sehari-hari.


Namun, tak sedikit orang yang tak paham soal tata cara menggunakan smartphone semoga infinit dan tidak cepat rusak.


Kebanyakan cuma tahu soal menggunakan smartphone ala kadarnya. Padahal, smartphone juga harus dirawat dan mempunyai sejumlah trik semoga dapat dipakai dengan awet.


Malah, ada beberapa kebiasaan pengguna smartphone yang sering dilakukan, dan secara tidak sadar bahwa kebiasaan ini justru dapat menciptakan kinerja perangkat menurun.


Untuk itu, Tekno Liputan6.com kali ini akan membuatkan tips semoga smartphone kau infinit dan tahan usang menurut dari kebiasaan yang dilakukan pengguna smartphone. Apa saja? Berikut caranya sebagaimana kami kutip dari Brilio, Kamis (4/10/2018).


1. Mengabaikan Cache












Membersihkan data cache di smartphone Android (Sumber: Jalan Tikus)


Seringkali pengguna mengabaikan ihwal apa itu cache. Padahal bila dibiarkan menumpuk, terang bakal menganggu kinerja Android.


Cara menghapus cache juga sangat mudah. Kamu hanya perlu beranjak ke Settings -> Storage -> Cache Data -> kemudian hapus cache yang ingin dihapus.


2. Mengabaikan Memori Internal












Ilustrasi smartphone Android. (Doc: Makeuseof)


Pengguna smartphone Android juga tidak terlalu memperhatikan ihwal pentingnya menjaga ruang memori internal. Mereka niscaya doyan menyimpan file di perangkat hingga ruang memori internalnya penuh.


Nah, biasakan untuk tidak menyimpan file hingga full di dalam memori internal bila tidak mau smartphone-mu sering error dan mati tiba-tiba.


Perlu diingat bila smartphone-mu perlu ruang bebas untuk sistem yang berjalan di background. Paling tidak, sisakan ruang 1GB atau 2GB semoga sistem bekerja secara optimal.


3. Terlalu Banyak Simpan Foto












Google Photos for iOS. softpedia.com


Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone.


Apalagi di zaman kini semua orang sangat suka mengambil foto, tetapi foto yang diambil nyatanya malah memenuhi album bawaan di smartphone. Kalau sudah demikian, sistem niscaya memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video, alhasil hal ini dapat memaksa RAM smartphone bekerja ekstra.


Untuk mengakali hal ini, gunakan aplikasi Google Photos lantaran foto dan video yang disimpan di dalamnya menggunakan memori bawaan dari Google Photos.


4. Mengabaikan RAM












Layar ponsel ialah belahan paling penting dari smartphone kau (Sumber: Android Pit)


Pengguna seringkali juga tidak sadar bila RAM smartphone sudah melebihi kapasitas pemakaian.


Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau gim yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi smartphone-mu.


Karenanya, biasakan untuk menyisakan ruang RAM smartphone untuk kinerja yang optimal.


5. Ngecas Smartphone Saat Tidur













Anak-anak mempunyai risiko lebih tinggi menggunakan gadget sebelum tidur ketimbang orang dewasa. (Sumber: Mirror)


Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone ialah mengecas perangkat ketika tidur. Kebiasaan ini, nyatanya dianggap membahayakan perangkat.


Ketika kau sudah sering melaksanakan kebiasaan jelek ini, dapat dibilang usia baterai smartphonekamu bakal menurun. Pasalnya, durasi pengisian baterai smartphone ketika perangkat tidak dimainkan pada umumnya itu hanya memerlukan waktu satu hingga dua jam saja.


Jadi, ketika pengguna mengecas smartphone sambil memainkannya, itu tentu akan memaksa perangkat dengan daya berlebihan.


Karena itu, cobalah jangan mengecas perangkat sambil tidur. Usahakan smartphone diisi dayanya ketika dimatikan hingga penuh.


Reporter: Brilio


Sumber: Brilio.net


(Jek)



Subscribe to receive free email updates: